Planning and Action to Adapt the new Challenge

New Challenge :

Maret 2022, 

Penentuan tema dan judul skripsi atau tugas akhir. 


Early Story :

Sekarang aku adalah mahasiswi sistem informasi semester 8.

Aku baru saja mendapat surat keterangan skripsi pada bulan maret 2022. Pada saat itu aku sudah memiliki tujuan untuk mengambil tema dan judul untuk skripsi ku. Aku ingin mengambil tema analisis dengan metode webqual 4.0 dengan tujuan untuk melihat kualitas website. Aku juga sempat terpikirkan untuk mengambil tema analisis dengan metode sentimen yang menggunakan teknologi machine learning dan menganalisisnya.



image source : google


Namun sangat diluar ekspektasi, ternyata dosen pembimbing ku memberikan tema mengenai Artificial Intelligence. Beliau memberikan pilihan untuk mengambil Expert System atau Decision Support System. Hal ini tentunya sangat diluar ekspektasi. Aku menjadi sangat bingung pada saat itu. 


Solution Story :

Hal baiknya adalah aku tidak menyerah sampai disitu saja, aku langsung membaca dan meriview penulisan dan jurnal mengenai Artificial Intelligence. Aku membaca banyak jurnal dan penulisan, lalu aku sangat tertarik mengenai Sistem Pendukung Keputusan atau Decision Support System. Aku membaca lebih banyak jurnal dan penulisan mengenai DSS. Satu hari aku habiskan hanya untuk mereview jurnal karena aku benar-benar belum pernah membuat aplikasi mengenai DSS. 


image source : google


Di hari kemarin, aku mulai mengerti mengenai sistem pendukung keputusan. Ternyata aplikasi ini juga mengharuskan memilih metode yang tepat. Akhirnya aku putuskan untuk memilih metode Weighted Product dalam pengambilan keputusannya. Setelah aku pelajari lebih dalam, sistem ini sangat menarik dengan berbagai metode yang dimilikinya. Aku pun mulai memahami apa yang ingin aku kerjakan dan aku rasa aku pasti bisa menyelesaikan ini. Walaupun di awal aku sangat tidak mengerti, tapi setelah perjalanan yang cukup padat untuk belajar akhirnya aku mengerti juga dan bahkan sangat tertarik mengenai hal baru ini.


image source : google


Pembelajaran yang dapat diambil adalah kita tidak boleh hanya stuck di satu mindset atau berpikir "oh aku tidak bisa melakukan ini" "oh itu sangat sulit" dan lain-lain. Aku rasa manusia dikaruniai otak dan rasa penasaran agar bisa terus belajar dan berkembang. Percayalah pada potensi diri sendiri dan jangan mudah untuk percaya pada ketakutan atau ketidakpercayaan pada diri sendiri. 

Berpikirlah terbuka, maka jalan akan terbuka dengan sendirinya pula. 


Thanks yang sudah membaca pengalaman ku akhir-akhir ini. I hope you guys can learn some experience form my story.

Comments

Popular posts from this blog

Universitas Gunadarma regional Depok punya 10 kampus?! Ternyata ini fungsi dari masing-masing kampus nya!!

Yuk kenalan sama PPSPPT Universitas Gunadarma. Ospek versi Gundar nih!

Kenalan dengan Angkot JakLingko yuk! Program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berteknologi modern

Standard Operating Procedure & Pedoman / Kerangka Kerja pada Pengelolaan TI seperti COBIT, ITIL, ISO/IEC 38500, ISO/IEC 27001, CMMI, Balanced Scorecard, dan Six Sigma

REVIEW SHAMPOO NATUR : NATURAL EXTRACT GINGSENG | Rontok hilang dalam 14 hari !!

Review pengalaman naik MRT | Dari cara beli tiket MRT hingga Fasilitasnya yang sangat modern!

SEJARAH & PERKEMBANGAN SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI

TREN & INOVASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA SAAT INI & MASA DEPAN

Cara Membuat Post di Blogger | Tutorial Lengkap dengan Gambar !!

Cara Membuat Blog di Blogger | Tutorial Lengkap dengan Gambar !!