Kenalan dengan Angkot JakLingko yuk! Program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berteknologi modern









  Program Tarnsportasi Umum berbasis teknologi sudah mulai diterapkan di Jakarta. Salah satunya ialah program Ok Otrip, yang sekarang dikenal dengan JakLingko.

Mungkin untuk yang bukan pengguna transportasi umum masih asing dengan yang namanya JakLingko.

Sebenarnya JakLingko sendiri merupakan program pemerintah dan dikemas dalam bentuk Kartu elektronik untuk transportasi umum berbasis teknologi di Jakarta.

JakLingko diterapkan diantaranya untuk MRT, LRT, Transjakarta, bahkan Angkutan Kota (Angkot).

Namun kali ini saya akan membahas Kartu JakLingko untuk penggunaan Angkot saja.
Walaupun bisa juga digunakan untuk MRT dan LRT, tapi saya belum mengerti mekanisme mengenai saldo nya hehee.

So, langsung aja check it out!!


    Saya membeli Kartu JakLingko ini di abang-abang angkot dengan harga 30 ribu heheheee atau kalian juga bisa beli di halte Transjakarta.

Namun untuk anda pengguna lama Transjakarta mungkin pernah mendapatkan diskon seharga 10 ribu saat awal peluncuran kartu JakLingko ini.

Kebetulan saya juga bukan pengguna Transportasi Umum, namun karena akhir-akhir ini tarif ojek online naik drastis saya jadi menggunakan Transportasi Umum heheee.

Tapi ternyata saya juga baru tau bahwa sudah ada angkot berbasis teknologi dan GRATIS yang merupakan program Pak Gubernur Anies Baswedan - Sandiaga Uno yaitu program Ok Otrip yang memang sangat berguna bagi seluruh kalangan apalagi saya sebagai mahasiswa:)

Mungkin kurang lebih begini penampakan dari kartu JakLingko. Kebetulan saya dapat kartu JakLingko keluaran Bank BNI.




    Di Kartu tersebut tertulis logo Transjakarta dan JakLingko, yang artinya kartu ini bisa digunakan untuk MRT dan LRT juga yang memang menggunakan JakLingko untuk pembayarannya.


    Jadi apa sih perbedaan Angkot JakLingko dengan Angkot biasa?

  • Sebenarnya untuk jurusan dari angkot JakLingko ini tidak jauh berbeda dengan angkot konvensional lainnya. Namun, angkot JakLingko ini merupakan angkot-angkot yang telah lolos seleksi uji kelayakan untuk program Ok Otrip dari pemerintah DKI Jakarta. Bisa dipastikan angkot ini bagus dan layak jalan yaaa.
  • Tidak hanya angkot nya saja yang lolos seleksi uji kelayakan,namun para driver JakLingko juga telah lolos uji driver lohh yang dilakukan oleh PemProv DKI Jakarta!
  • Angkot JakLingko juga memiliki Logo khas berwarna biru-biru di badan angkot nya yang bertuliskan JakLingko Rp.0,- dan ada tulisan OkOtrip nya juga. Jadi kalian jangan sampai salah naik loh, karena kartu ini hanya bisa digunakan untuk angkot yang berlogo JakLingko saja. Begini kurang lebih penampakan angkot JakLingko: 

Source Image : Google


  • Angkot JakLingko ini juga dilarang 'ngetem' alias berhenti lama untuk mencari penumpang, karena setau saya driver angkot JakLingko sudah di gaji oleh PemProv DKI Jakarta sebanyak 2 kali dalam sebulan sehingga tidak perlu lagi mengejar setoran dengan cara 'ngetem' yang lama dulu. Sesuai dengan tujuan awal dibuatnya angkot JakLinglo, pemerintah ingin menerapkan angkutan umum yang nyaman dan aman untuk masyarakat & menurut saya itu sudah terwujud melalui program angkot JakLingko ini.
  • JakLingko juga memiliki tempat Bus Stop tersendiri loh yang dibuat seperti tiang dengan rambu berwarna putih-biru untuk tempat pemberhentiannya.
  • Para driver angkot JakLingko juga selalu menggunakan seragam kaos polo berwana biru lohh, jadi terlihat lebih profesional kan?


     Ohiya, saat saya membeli kartu JakLingko ini katanya memang gratis untuk penggunaan di Angkot dan tidak perlu isi ulang saldo lohh.
Tapi sepertinya ini hanya berlaku untuk layanan Angkot JakLingko saja yang tarif nya Rp.0 dan tidak berlaku gratis untuk Transjakarta, MRT, dan LRT.

     Untuk kalian yang ingin menggunakan layanan Angkot JakLingko, pastikan anda memiliki kartu nya dan tidak memberikan uang kepada driver yaa, karena sudah jelas tertera peraturan di depan pintu angkot tersebut.


    Mungkin itu saja pengalaman saya mengenai Angkot JakLingko ini.

Saya pribadi sebagai mahasiswa merasa sangat senang dan terbantu dengan adanya program Angkot JakLingko ini, karena saya jadi bisa menghemat dan menabung heheee.

Semoga bermanfaat untuk kita semua yaa.


     Ohiya, jangan lupa selalu dukung program pemerintah ya!

Saya sangat suka dengan program Angkot JakLingko yang satu ini.

Semoga kedepannya Jakarta dan Indonesia semakin maju dan dapat menciptakan seluruh Transportasi Umum yang nyaman dan aman untuk semua:)

Sending much spirit to all of us! Thankyou for visiting this blog!















-aisyyr

Comments

Popular posts from this blog

Universitas Gunadarma regional Depok punya 10 kampus?! Ternyata ini fungsi dari masing-masing kampus nya!!

Yuk kenalan sama PPSPPT Universitas Gunadarma. Ospek versi Gundar nih!

Standard Operating Procedure & Pedoman / Kerangka Kerja pada Pengelolaan TI seperti COBIT, ITIL, ISO/IEC 38500, ISO/IEC 27001, CMMI, Balanced Scorecard, dan Six Sigma

REVIEW SHAMPOO NATUR : NATURAL EXTRACT GINGSENG | Rontok hilang dalam 14 hari !!

Review pengalaman naik MRT | Dari cara beli tiket MRT hingga Fasilitasnya yang sangat modern!

SEJARAH & PERKEMBANGAN SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI

TREN & INOVASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA SAAT INI & MASA DEPAN

Cara Membuat Post di Blogger | Tutorial Lengkap dengan Gambar !!

Cara Membuat Blog di Blogger | Tutorial Lengkap dengan Gambar !!