TREN & INOVASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA SAAT INI & MASA DEPAN

Pengertian Inovasi


Inovasi dan inovatif adalah dua hal yang selalu dikaitkan bersama-sama. Pengertian inovatif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mengenalkan sesuatu yang bersifat baru. Lalu, apa yang dimaksud dengan inovasi? Menurut KBBI, inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, atau pembaharuan. 


Pengertian dari inovasi lainnya adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya.
Tujuannya adalah menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya. Seseorang yang berhasil melakukan sebuah inovasi adalah seseorang yang inovatif. Secara tidak langsung, manfaat inovatif adalah membawa sesuatu hal yang baru yang dapat memudahkan kehidupan manusia dan membawa manusia ke dalam kondisi kehidupan yang lebih baik. 
    


Tren & Inovasi Sistem Teknologi Informasi pada Saat Ini & Masa Depan



API Economy( Application Programming Interface)


API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun suatu perangkat lunak.

API ini lah yang mencoba menjembatani program-program untuk bisa berkomunikasi membangun fitur yang lebih kompleks.

Untuk menjelaskan apa itu API. Mari kita ibaratkan sebuah API adalah seorang pelayan di restoran.


Ketika Anda datang & duduk di meja Restoran, Anda akan melihat-lihat Daftar Menu dan memilih makanan/minuman yang akan anda pesan. Dan selanjutnya dapur akan memenuhi pesanan Anda.

Untuk memberitahukan pesanan Anda ke dapur dan saat pesanan anda telah siap untuk dihidangkan di meja anda. Di situlah peran seorang Pelayan (atau API).

Pelayan mengambil daftar pesanan Anda, memberikan ke dapur, dan kemudian menghidangkannya ke meja anda (sebagai respon kembali kepada Anda). 


Lalu apa itu API economy " ?
    API Economy adalah mengimplementasi teknologi API untuk meningkatkan profitabilitas bisnis suatu perusahaan.

Telah menjadi tren, perusahaan-perusahaan terkemuka semua berjalan di ranah digital. Persaingan inovasi pun tak terelakan. Salah satunya adalah inovasi mengekspos teknologi API. Dengannya kita dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat.



Dimensional marketing



Pemasaran telah berkembang secara signifikan dalam setengah dekade terakhir. Evolusi pelanggan yang terhubung secara digital adalah pemicu utamanya, yang mencerminkan perubahan dramatis dalam dinamika hubungan transaksi.

Inovasi yang sedang berkembang adalah otomatisasi pemasaran, pengembangan konten, analisis pelanggan dan inisiatif perdagangan.

Terdapat 4 dasar Dimensi Pemasaran yaitu:
produk, harga, promosi dan tempat.

Era modern saat ini pemasaran akan membawa tantangan baru, ditandai dengan berkembangnya dimensi :

  1. Keterlibatan pelanggan,
  2. Konektivitas,
  3. Informasi (Big Data),
  4. dan perkembangan Teknologi.




Humanoid ( Robot Manusia )




Perkembangan teknologi saat ini, membuat beberapa produsen robot bisa membuat karya yang begitu mirip dengan manusia. Bahkan tak hanya berbentuk seperti manusia, mereka juga bisa bergerak, berbicara, dan menari. Robot-robot seperti itu biasa disebut dengan istilah humanoid.

Berikut contoh humanoid yang ada saat ini. :

Atlas adalah robot humanoid yang dibuat oleh Boston Dynamics, sebuah anak perusahaan dari Alphabet (perusahaan induk Google). Berbagai sensor yang terpasang di tubuhnya membuat robot ini tidak akan terjatuh, walaupun berjalan di permukaan yang tidak rata atau bersalju. Atlas bahkan bisa mempertahankan posisinya apabila didorong. Ketika terjatuh, ia pun bisa kembali berdiri tanpa bantuan.


Profesi Sistem Teknologi Informasi Masa Depan, 
Setidaknya yaitu ada :

    1. Virtual Reality (VR) Developer


Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.
Selain VR, ada juga teknologi Augmented Reality (AR). Dewasa ini, mulai dikembangkan teknologi Mixed Reality (Gabungan kedua teknologi sehingga menghasilkan tampilan Holograms) :


   2. Artificial Intelligence (AI) Programmer


Artificial Intelligence adalah cara untuk membuat mesin (komputer) dapat berpikir cerdas, dalam cara yang sama dengan manusia yang cerdas berpikir. Sebuah sistem AI memiliki kemampuan untuk memperoleh informasi baru yang akan dikumpulkan agar sistem AI menjadi lebih cerdas lagi .


    3. IoT Architect


Sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet.




Kesimpulan : 
Selama beberapa dekade terakhir ini, bidang Teknologi Informasi (TI) telah berkembang sangat pesat. Bahkan akan terus berkembang dari hari ke hari. Demi menunjang perkembangan ini maka setiap praktisi TI dituntut untuk bisa mengoptimalkan ilmu, skill, waktu, tenaga, sumber daya yang ada. Maka hadirlah berbagai profesi TI di kemudian hari.




















source:
  • Ebook - Digital Culture-UnderstandingNewMedia
  • http://searchsoa.techtarget.com/definition/API-economy-application-programming-interface-economy
  • https://www.studilmu.com/blogs/details/pengertian-inovasi-dan-8-hal-penting-menjadi-inovatif

Comments

  1. Casino Games | Dr.MD
    The number 성남 출장안마 one goal is for you to find the 경상북도 출장마사지 best gambling experience. With many slot machines, 청주 출장마사지 it's your choice. 세종특별자치 출장샵 From the best of ‎About Us · 목포 출장샵 ‎Contact Us · ‎Login

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Universitas Gunadarma regional Depok punya 10 kampus?! Ternyata ini fungsi dari masing-masing kampus nya!!

Yuk kenalan sama PPSPPT Universitas Gunadarma. Ospek versi Gundar nih!

Kenalan dengan Angkot JakLingko yuk! Program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berteknologi modern

Standard Operating Procedure & Pedoman / Kerangka Kerja pada Pengelolaan TI seperti COBIT, ITIL, ISO/IEC 38500, ISO/IEC 27001, CMMI, Balanced Scorecard, dan Six Sigma

REVIEW SHAMPOO NATUR : NATURAL EXTRACT GINGSENG | Rontok hilang dalam 14 hari !!

Review pengalaman naik MRT | Dari cara beli tiket MRT hingga Fasilitasnya yang sangat modern!

SEJARAH & PERKEMBANGAN SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI

Cara Membuat Post di Blogger | Tutorial Lengkap dengan Gambar !!

Cara Membuat Blog di Blogger | Tutorial Lengkap dengan Gambar !!